Selamat Datang Di Koranrakyat.com infokan berbagai kasus atau keluhan yang berkaitan dengan layanan publik melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tertarik jadi wartawan dan iklan kirim lamaran ke email cv anda ke email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Headline News

Rungkut Dan Krembangan Ditengarai Kawasan Paling  Banyak Penyebaranya Covid 19
Last Updated on May 25 2020

Rungkut Dan Krembangan Ditengarai Kawasan Paling Banyak Penyebaranya Covid 19

    SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Dua kecamatan di Kota Surabaya, yakni Kecamatan Rungkut dan Kecamatan Krembangan dinyatakan tertinggi kasus penyebaran dan penularan korona (Covid-19) di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu. “Kami sudah masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu di...
Adik Via Vallen Diduga Positip Covid 19
Last Updated on May 25 2020

Adik Via Vallen Diduga Positip Covid 19

      SURABAYA (KORANRAKYAT.COM) Pedangdut Via Vallen mengatakan adiknya dinyatakan positif virus korona atau Covid-19 berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan di sebuah rumah sakit Jawa Timur. Pemilik single hit Sayang itu memutuskan melakukan pemeriksaan terhadap adiknya karena mengalami...
Kemenlu Bantah Covid 19 Hanya Warga Indonesia  Yang Tidak Bisa Masuk Keenam Negara
Last Updated on May 25 2020

Kemenlu Bantah Covid 19 Hanya Warga Indonesia Yang Tidak Bisa Masuk Keenam Negara

      JAKARTA, KORANRAKYAT.COM , Di media sosial (medsos) dan WhatsApp Group ramai beredar pesan berantai yang menyatakan kalau Indonesia di-lockdown oleh dunia. Hal tersebut terkait dengan ketidak patuhan masyarakatnya dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga angka...
Polri Tetapkan 2 Tersangka dari Perusahaan yang Berangkatkan ABK WNI di Kapal Luqing Yuan Yu 623
Last Updated on May 20 2020

Polri Tetapkan 2 Tersangka dari Perusahaan yang Berangkatkan ABK WNI di Kapal Luqing Yuan Yu 623

      JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah menetapkan dua tersangka dari perusahaan agensi yang memberangkatkan anak buah kapal ( ABK) Indonesia di kapal Luqing Yuan Yu 623. Direktur Tindak Pidana Umum...
Laksamana Madya Yudo Margono  KSAL Dan  Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai  KSAU Baru Dilantik Presiden
Last Updated on May 20 2020

Laksamana Madya Yudo Margono KSAL Dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai KSAU Baru Dilantik...

     JAKARTA, KORANRAKYAT.COM - Presiden Joko Widodo melantik Laksamana Madya Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL) dan Marsekal Madya Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara ( KSAU). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020) pukul 09.35...

World Today

  •  
    Indonesia-Belanda Teguhkan Komitmen Kerja

    I

    BOGOR(KORANRAKYAT.COM) Indonesia dan Belanda meneguhkan komitmen untuk terus bekerja sama di

     
Sunday, 17 July 2016 08:55

Warga Kampung di Surabaya Siap Sambut Ribuan Tamu Prepcom 3

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Surabaya,koranrakyat.com,-Warga Kota Surabaya siap untuk menyambut ribuan tamu dari berbagai negara yang akan menjadi delegasi event internasional, Preparatory Committe III for Habitat III di Surabaya pada 25-27 Juli mendatang.  Kesiapan warga tersebut terlihat ketika para jurnalis dan juga perwakilan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengunjungi beberapa kampung dalam agenda media visit, Jumat (15/7). Salah satunya warga di Kampung Bratang Binangun, Kelurahan Barata Jaya, Kecamatan Gubeng 

Ketika tiba di lokasi, rombongan jurnalis langsung disambut warga dengan sholawatan dan topi simbolis duta lingkungan. Para jurnalis juga disambut dengan sambutan “bilingual’ (dua bahasa) dari perwakilan warga yang sekaligus sebagai ‘gladi resik’ jelang menyambut para tamu Prepcom 3 nanti.Suasana sejuk begitu terasa meski kampung tersebut ada di kawasan tengah kota. Ini tidak lepas dari adanya berbagai macam tanaman yang ditanam warga di depan rumah mereka. Ada pohon mangga, Juga tanama obat keluarga (Toga). Di sepanjang jalan kampung berpaving yang bak jadi ruang penyambung rumah warga yang berhadap-hadapan, juga tampak bersih dan indah. 

Diana Kumuastuti dari bagian publikasi Kementrian PUPR &  Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya, Chalid Buchari saat memberikan penjelasan wartawan persiapan peninjauan lokasi (as)


Fasilitator lingkungan Kelurahan Barata Jaya, Sumarmi yang didapuk memberikan penjelasan kepada para jurnalis, menyampaikan, kampung nya telah berhasil menerapkan empat program lingkungan yang selaras dengan harapan Pemkot Surabaya. Yakni program penghijauan, pengolahan sampah dengan cara mendaur ulang dan juga adanya bank sampah, juga kebersihan lingkungan yang salah satunya diwujudkan dengan kebersihan saluran air. “Kami juga punya program kesehatan untuk mencegah penyakit demam berdarah melalui pemantauan jentik. Di sini, ada banyak kader pemantau jentik,” jelas Sumarmi.

Sumarmi lantas menjelaskan tentang alat pengolahan air limbah (APAL) yang juga merupakan salah satu program lingkungan di kampungnya. Cara kerja APAL ini yakni dengan mengalirkan air buangan yang kemudian dialirkan ke APAL yang memiliki tiga filter yakni pasir, batu kerikil dan serat nanas yang berfungsi sebagai desinfektan. “Air daur ulang dari APAL ini bisa kami pakai diantaranya untuk menyirami tanaman dan juga mencuci sepeda motor,” sambung Sumarmi.  

Selain itu, warga Bratang Binangun juga mampu memaksimalkan sampah daur ulang yang tak terpakai menjadi produk yang layak jual seperti dompet, bros dan juga tas, serta bekas limbah kaca menjadi vas bunga. Warga juga telah memproduksi minuman tradisional seperti beras kencur, pokak dan sinom yang segar dan menyehatkan. Minuman tradisional tersebut disajikan keapda rombongan jurnalis. 

Sumarmi juga merupakan gambaran dari semangat warga RW Bratang Binangun dalam mengelola lingkungan. Di usianya yang sudah 60 tahun, perempuan yang akrab disapa Bu Slamet ini terlihat sangat bersemangat. Dia juga fasih dalam menyampaikan penjelasan perihal pemberdayaan lingkungan di kampungnya. “Terima kasih atas kunjungan nya. Mohon maaf bila ada ketikdanyamanan dalam penyambutan kami,” pungkas Sumarmi. 

Ada empat kampung yang menjadi lokasi kunjungan agenda media visit tersebut. Selain Kampung Bratang Binangun, juga ada Kampung Genteng, Kampung Lawas Maspatih, dan juga Kampung Gundih. Kampung-kampung tersebut memiliki keunikan masing-masing. 

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya, Chalid Buchari yang ikut dalam agenda media visit tersebut, mengatakan, Kampung Bratang Binangun selain telah mampu meningkatkan kualitas lingkungan dengan penghijauan serta kampung bebas sampah, juga telah mampu membangkitkan energi listrik dari sampah. 

“Adapun Kampung Genteng, warganya telah mampu mengubah wajah dari tempat pembuangan sampah menjadi kampung yang layak huni dengan dilengkapi fasilitas pengolahan air limbah terpadu. Serta berhasil menggerakkan ekonoi masyarakat kaum perempuan melalui pengolahan buah dan minuman sari buah,” jelas nya.


Antusias ibu ibudi kampung Barata Jaya dalam nyambut PepCom3 (as)


Diana Kumuastuti dari bagian publikasi Kementrian PUPR menegaskan, empat kampung tersebut merupakan bagian dari 14 kampung yang nantinya akan dikunjungi para peserta Prepcom 3. Menurut Diana, keberadaan kampung-kampung di Surabaya yang hijau, punya ruang terbuka hijau dan masyarakat nya telah mampu mengelola sampah secara mandiri, menjadi bukti Surabaya sejatinya telah menerapkan beberapa poin penting yang akan dbahas dalam agenda Prepcom3. 

“Ini menjadi kesempatan memperlihatkan kampung-kampung di Surabaya yang berhasil. Kampung-kampung ini selaras dengan keberhasilan Surabaya dalam memberdayakan masyarakat nya dalam mencapai pembangunan kota berkelanjutan. Dan itu yang berontribusi menjadikan Surabaya sebagai tuan rumah Prepcom 3,” tegas Diana.

Lebih dari itu, Diana juga menegaskan bahwa Kota Surabaya memang sangat siap menjadi tuan rumah agenda yang menjadi tahapan paling penting sebelum menuju event United Nation Habitat yang akan digelar di Ekuador pada Oktober mendatang. “Prepcom 3 akan menjadi kesempatan menunjukkan kepada dunia bahwa di Indonesia ada kota yang telah berhasil menciptakan lingkungan yang green and clean serta masyarakatnya berdaya,” sambung Diana.(as)

Read 4857 times Last modified on Sunday, 17 July 2016 09:34
Login to post comments

Ekonomi Makro

  •  

     

     

     

     

    SURABAYA(KORANRAKYAT.COM) | Jum’at, 24 April 2020, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa

     
  •  

Malang Raya

Sekitar 50 anggota DPRD

 

 

MALANG (KORANRAKYAT.COM)- Ketua Pengadilan Negeri

Read more

Privalensi Stunting Di Kota

 

 

MALANG (KORANRAKYAT.COM) Prevalensi balita stunting

Read more

Rendra Bupati Malang Ditahan